Minggu, 12 Juni 2016

Upacara Adat Ceprotan Desa Sekar, awasaa keceprot looch




 Hasil gambar untuk upacara adat ceprotan pacitan


 Hasil gambar untuk upacara adat ceprotan pacitan


Hay guys, biasanya kita kan membicarakan wisata dan kuliner di Pacitan tapi,, kali ini saya akan memberikan informasi buat kalian tentang Upacara adat di Pacitan yang sangat terkenal di Pacitan yaituu Upacara Adat Ceprotan.

Ceprotan adalah upacara adat di Pacitan yang dilakukan setiap tahunnya pada ..... Oleh warga Desa sekar Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Upacara ini merupakan upacara bersih desa atau resik desa yang dilakukan oleh warga Desa Sekar setiap tahunnya yang diyakini dapat memberikan ketentraman, kedamaian, memberikan panen yang baik dan juga menolak bala.

Upacara ini menggunakan kelapa yang direbus dan direndam selama kurang lebih 3 hari sehingga kelapanya menjadi lunak dan kemudian di ceprotkan kepada lawan mereka.
Urutan pertama biasanya akan dibuka dengan tari-tarian, selanjutnya di tengah lapangan di bagi menjadi 2 kubu yang di tengah-tengahnya terdapat sebuah bangunan seperti gubuk dan terdapat sesajen seperti tumpeng. Yang disimbolkan sebagai lumbung penyimpanan padi desa.
Kemudian setelah ritual tersebut slesai, kemudian alkisah ada seorang pencuri yang akan mencuri sesajen atau padi-padi tersebut sehingga seluruh warga desa menyerang si pencuri tadi dengan melemparinya menggunakan kelapa tadi, dalam bahasa jawa menceprot sehingga diberilah nama ceprotan. Puncak acara Ceprotan berlangsung pada sore hari dimana matahari mulai terbenam, diawali dengan tarian surup atau "Terbenamnya Matahari" kemudian juru kunci membacakan doa, serta lurah desa merepresentasikan diri sebagai perwujudan Ki Godeg, sedangkan Istrinya sebagai Dewi Sekartaji.

Tapi bagi kalian yang ingin menonton upacara ini, lebih baik gak usah deket-deket deh, soalnya si pemuda tim ceprotan tersebut suka jahil-jahil bukannya melempar kelapa ke lawannya eeh malah kita penonton yang kena ceprot mana kelapanya baunya gak sedap lagi menyengat banget dan gak enak deh pokoknya...

0 komentar:

Posting Komentar